JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ATMOSFER PADA SISWA SMA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E
TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ATMOSFER PADA SISWA SMA
Volume 7 - No 2
Tahun Publikasi: September 2017
Wakhidatus Sholikhah1), Sugeng Utaya2), Budijanto3
Download Artikel

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap pemahaman materi atmosfer pada siswa SMA. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan non equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesamben semester genap tahun ajaran 2014/2015. Kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa gain score yang merupakan selisih nilai postes dan pretes dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. gain score kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik (39,26) dibandingkan dengan kelas kontrol (14,4). Hasil uji gain score menggunakan independent sample t test dengan taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara gain score kelas eksperimen dankelas kontrol, dengan nilai signifikansi yakni 0,00 kurang dari 0,005 (0,00<0,05).  Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman materi atmosfer pada siswa SMA. Hal tersebut dipengaruhi oleh karakteristik model learning cycle 7E yang membelajarkan siswa untuk memahami materi secara bertahap. Pembelajaran dimulai dari menggali pengetahuan awal siswa, memotivasi, mengumpulkan informasi dan data, mengkomunikasikan, mengaplikasikan pengetahuan pada konteks baru, hingga memperluas pemahaman siswa.

Keyword

model pembelajaran learning cycle 7E, pemahaman siswa
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak